August 21, 2021

JAPBUSI Bekerjasama dengan ILO Melaksanakan Focus Grup Discussion (FGD) Hak-hak Dasar di Tempat Kerja

Untuk meningkatnya kapasitas SP/SB di sektor kelapa sawit dalam mengatasi tantangan untuk mempromosikan standar-standar Ketenagakerjaan terutama, hak-hak dasar di tempat kerja.

JAPBUSI bekerjasama dengan ILO melaksanakan kegiatan Focus Grup Disscussion (FGD) Virtual tentang Hak-hak dasar di tempat kerja sebanyak 6 (enam) sesi selama 3 (tiga) hari pada tanggal 19, 20 Juni dan 03 Juli 2021.

Adapun 6 (enam) sesi FGD yang telah dilaksanakan sebagai berikut :

Sesi 1   :  Hak-hak Buruh di tempat kerja dan peraturan perundangan yang mengaturnya.

Sesi 2   :  Non diskriminasi, hak-hak pekerja perempuan, dan perlindungan terhadap kekerasan dan pelecehan seksual di tempat kerja.

Sesi 3   :  Penguatan Dialog sosial di tempat Kerja

Sesi 4   :  Pengawasan Pelaksanaan Hak-hak Buruh di Tempat Kerja dan Mekanisme Penyelesaiannya

Sesi 5   :  Gender dan hak-hak buruh perempuan

Sesi 6   :  Memperkuat peran organisasi SP/SB dalam hubungan industrial yang efektif dan berkeadilan, khususnya dalam melakukan negosiasi yang efektif.

Narasumber dalam kegiatan FGD ini dari Pengurus Federasi Serikat Pekerja / Serikat Buruh dan Kementerian Ketenagakerjaan yang telah memiliki Sertifikat Training of Trainers (ToT).

Dalam kegiatan Focus Grup Disscussion (FGD) Virtual ini yang menjadi target peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang pengurus PUK/PK/Basis dari 5 (lima) Federasi :  FSP PP KSPSI CAITU, FSP PP KSPSI, F LOMENIK KSBSI, F KUI KSBSI dan F NIKEUBA KSBSI dan 4 (empat) Provinsi : Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Barat.

Selama kegiatan FGD berlangsung peserta dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan menggunakan fitur-fitur zoom dan berperan aktif saat pemaparan materi, sesi tanya jawab dan diskusi kelompok. Adapun kendala selama kegiatan berlangsung  dikarenakan Jaringan internet yang kurang baik.