September 21, 2021

Terganggu Kampanye Hitam Sawit, Presiden Jokowi Titip Pesan Ini untuk Senat Ceko

InfoSAWIT, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta delegasi senat Republik Ceko untuk mendukung produk kelapa sawit Indonesia di Eropa.

Bagi bangsa Indonesia, produk kelapa sawit merupakan komoditas penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Hal tersebut disampaikan Presiden saat menerima delegasi Senat Republik Ceko di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/9/2021).

Presiden Jokowi meminta, delegasi senat Republik Ceko itu, mendukung produk kelapa sawit Indonesia di Eropa. Bagi Indonesia, produk kelapa sawit merupakan komoditas penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan kamar dagang dan industri Republik Ceko. “Pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia,” kata Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), AM Fachir saat menjelaskan hasil pertemuan tersebut.
Menurut Fachir, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sekitar 17 juta orang Indonesia menggantungkan hidupnya pada kelapa sawit.

Karena itu, perlu dukungan dan perhatian dari pelbagai pihak untuk menjaga stabilitas ekspor sawit sehingga kehidupan petani berada dalam kondisi aman.

Permintaan dukungan disampaikan mengingat banyaknya kampanye negatif terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Kampanye tersebut cukup mempengaruhi kebijakan pemerintah, khususnya di Uni Eropa sehingga menghambat masuknya produk kelapa sawit dan turunnya ke kawasan itu.

Menanggapi hal tersebut delegasi Repulik Ceko menyampaikan bahwa pihaknya mendukung agar persoalan terkait sawit ini, bisa segera diselesaikan. Mereka juga menyampaikan niatnya untuk bekerja sama di bidang ekonomi, khususnya di sektor energi. (T3)