December 27, 2021

Mari Mengenal Sawit Lebih Baik

InfoSAWIT, JAKARTA – Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan penghasil minyak selain kelapa yang berasal dari hutan hujan tropis di daerah Afrika Barat terutama di Kamerun, Pantai Gading, dan Liberia. Kelapa sawit pertama kali ditemukan oleh Nicholaas Jacquin pada tahun 1763 oleh karena itu sawit diberi nama latin Elaeis guineensis jacq.

Di Indonesia sendiri kelapa sawit dikenalkan pertama kali sebagai tanaman hias di Kebun Raya Bogor pada tahun 1884. Kelapa sawit memiliki banyak potensi pemanfaatan baik dari batang digunakan untuk pembuatan pulp, bahan kontruksi, dan sumber energi. Lantas dibudidayakan secara komersial pada 1911, di daerah Aceh dan Sumatera Utara, atau Deli kala itu disebutnya.

Pada perkembangannya kelapa sawit di Indonesia bertumbuh pesat, ditambah dengan beragam program kemitraan dengan masyarakat yang digagas pada tahun 1970 an. Tercatat PIR-Tran sukses mengubah komposisi luas lahan sawit yang dimiliki oleh Rakyat, dari hanya 6.175 Ha ditahun 1980 menjadi 5.958.502 Ha ditahun 2019 di Indonesia merujuk Statistik Kelapa Sawit Indonesia

Alasan kelapa sawit banyak dibudidayakan lantaran, buah sawit sendiri memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat menjadi penyumbang pendapatan bagi negara, dimana buah sawit dimanfaatkan sebagai minyak pangan ataupun minyak non pangan. Bagian lain dari tanaman sawit yang dapat dimanfaatkan adalah sabut, bahkan tandan kosong.

Namun sayangnya tak semua masyarakat mengenal dengan baik kelapa sawit, bahkan diduga masih banyak yang mengenal sawit dari sisi buruknya saja, sebab itu  informasi yang berguna serta baik dan benar sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengembangkan wawasan khususnya soal sawit.

Sebab itu, Media InfoSAWIT selaku media segmentasi di sektor perkebunan kelapa sawit berinisiasi mengadakan kegiatan SAWIT FEST 2021, yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bumitama Gunajaya Agro Group, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asian Agri Group, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., dan PT Cisadane Sawit Raya Tbk.

Dengan ditetapkannya SAWIT FEST 2021 yang jatuh pada Bulan Agustus 2021 ini, sekaligus pula sebagai rangkaian kegiatan dalam memeriahkan hari kemerdekaan melalui peningkatan semangat generasi muda dalam beraktivitas dan kreatif membangun negara serta karakter bangsa yang positif sehingga menjadi generasi pembangun yang berjiwa Pancasila.

Rangakaian kegiatan yang masih berkaitan dengan HUT RI Ke-76 Tahun di tengah masa pandemi Covid-19 ini, “SAWIT FEST 2021” di harapan mampu pula meningkatkan sebaran literasi sawit pada generasi muda Indonesia dan memperluas edukasi sawit, serta membangkitkan semangat generasi muda yang cerdas dan kreatif membangun bangsa.