Cegah Kekerasan Gander di Tempat Kerja ILO dan JAPBUSI Gelar Pelatihan di Pontianak

15/09/22

PONTIANAK – National Project Coordinator, Advancing Workers’ Rights in Indonesia’s Palm Oil Sector Yunirwan Gah mengatakan kegiatan ILO ini dilaksanakan supaya kita dapat meningkat peran serikat buruh di tempat kerja.

“ Kegiatan ini dilakukan agar Serikat Buruh dapat mempromosikan pekerjaan bagi pekerja yang layak di tempat kerja itu dengan cara memahami konvensi-konvensi ILO dengan peraturan-peraturan perundang-undangan termasuk khususnya salah satu konvensi ILO yang baru yaitu pencegahan kekerasan berbasis gender,” katanya, Senin, 12 September 2022.

Selain itu kata dia, ILO yang merupakan lembaga internasional juga fokus untuk mengurusi standar-standar tenagakerjaan internasional.

“ Jadi kehadiran ILO Di Indonesia lebih berfokus untuk memastikan semua kepentingan untuk memahami dan juga berkomitmen untuk mengimplementasikan dan mempromosikan pekerjaan yang layak di tempat kerja,” jelasnya.

ILO juga mendorong apa kerjasama yang lebih baik lagi di tempat kerjanya antara manajemen dan juga teman-teman pekerja dalam mewujudkan pekerjaan yang layak untuk mencapai keadilan sosial.

“ Semua itu tidak bisa dicapai tanpa ada kerjasama dari dua pihak antara pihak manajemen perusahaan dan pemerintah juga,” terangnya.

Pelatihan pencegahan dan kekerasan berbasis gender dilingkungan kerja berdasarkan Konvensi ILO 190 sektor kelapa sawit dan pengorganisasian pekerja perempuan di Hotel Neo Pontianak 9-11 September 2022, ada 10 Serikat Buruh (SB)/Serikat Pekerja (SP) yakni FSB Hukatan, FSB Kamiparho, FSB Nikeuba, FSB Lomenik, FKUI, FTA, FSP.PP- KSPSI CAITU, FSP.PP- SPSI,  FP4KSARBUMUSI dan FSP NIBA SPSI CAITU.